Berita Sekolah

Gerakan Pramuka Menjadi Tuan Rumah “APR Ticket to Life Evaluating and Planning Workshop”

Gerakan Pramuka menjadi tuan rumah kegiatan internasional lokakarya kegiatan khusus bagi anak jalanan melalui program Ticket to Life/“APR Ticket to Life Evaluating and Planning Workshop” berlangsung pada 17-20 Desember 2012 di Pusat Pendidikan dan Latihan Gerakan Pramuka Tingkat Nasional (Pusdiklatnas), Cibubur.

Kegiatan ini diselengarakan oleh World Scout Bureau/Asia-Pacific Region yang berkolaborasi dengan panitia dari Gerakan Pramuka dan diikuti oleh 22 Peserta dari lima negara: Banglades, Indonesia, Nepal, Pakistan, dan Filipina.

Sejak 2007 Gerakan Pramuka telah membina anak jalanan dibeberapa wilayah di Jakarta, melanjutkan program tersebut kini pembinaan anak jalanan dimulai kembali dengan membentuk Gugusdepan Jayakarta di kawasan Kemayoran, Jakarta Pusat dan setelah berlangsung sekitar setahun WSB/APR selaku pengawas kegiatan ini mengijinkan dan mendukung terbentuknya pasukan dikawasan lain, yaitu Gugusdepan Siliwangi yang berada di Kawasan Depok, Jawa Barat.

Pada data yang dikeluarkan WSB/APR per Mei 2012  dari delapan negara yang melaksanakan program TTL, Banglades tercatat telah memiliki 10 Gugusdepan  Karena memang sejak program ini diluncurkan tahun 2006 memang telah menjadi kegiatan unggulan WSB/APR mengingat dalam mengelola kegiatan yang khusus ini diperlukan penanganan yang khusus pula. Namun demikian menurut data yang sama, kini telah tercatat  sebanyak 1,058 anak jalanan (680 Putera dan 378 Puteri) di delapan negara.

Kegiatan tersebut bertujuan untuk mendidik anak jalanan melalui kegiatan Kepramukaan agar mereka lebih pecaya diri, disiplin, bertanggungjawab, mampu berinteraksi dengan orang yang lebih tua dan teman sebaya termasuk menjaga kebersihan dan kesehatan, yang intinya menjalankan nilai-nilai Kepramukaan.

Peserta lokakarya pada Kamis (19/12) akan diajak melihat langsung kegiatan Gugusdepan binaan program TTL Gerakan Pramuka yang sehari-hari berlatih dikawasan Kemayoran, Jakarta Pusat dan Depok, Jawa Barat. Anak Jalanan yang telah berlatih Kepramukaan akan menunjukkan berbagai keterampilan Kepramukaan. Kunjungan istimewa ini, akan dilaksanakan di SD Kebon Kosong 10 Pagi di Jalan Kemayoran Gempol, Jakarta Pusat sejak pukul 13.00-15.00 WIB

Untuk informasi lebih lanjut, tersedia di laman (website) www.pramuka.or.id, @kwarnas, @ticketolife_ina

Humas Kwarnas
Septembri Yanti: 08129650663
Saiko Damai: 081310769003